Alhamdulilah udah tahun ke-5 jalan bareng tunggangan ane vega zr. Rasanya
bersyukur banget punya dia yang setia sampai hari ini. Motor ini banyak jasa ke
ane, mulai dari nganter kerja, kuliah, jalan-jalan, kondangan, cukur rambut,
nganter ibu ke pasar sampai pergi ke lain galaksi, Bekasi. Kalaupun mau
diuraikan, cerita ini akan sepanjang novel tetraloginya Pramoedya Ananta Toer.
Motor ini kebanggaan ane, belinya
pake uang sendiri walaupun melalui proses kredit hehehe. Tapi bener kata
orang-orang, kalau beli pakai uang sendiri tuh lebih nikmat. Memang sih motor
ini ke dalam kelas motor low-end,
setara dengan Honda Revo, Suzuki Smash Titan dll. Nih motor pernah ngadat
beberapa kali, susah dinyalain,
diselah kick starter-nya tapi nyalanya lama banget. Kira-kira 8-9 kali percobaan
baru deh si merah seksi ini mau nyala. Saya baca beberapa blog di internet,
banyak yang memaparkan beberapa kekurangan si Vega ZR seperti olinya tekor, susah nyala (kalo yang ini bener deh kayaknya), kampas kopling
cuma dua keping, mudah ngebul dan
banyak lagi. Dengan banyaknya masalah-masalah tersebut, yang ane benarkan
adalah susah nyala (apalagi kalau pagi hari), kalau mesinnya rusak dan ngebul
pula, itu karena perawatan dan gaya berkendara yang nggak bener kali, so far
motor ane nggak apa-apa alias sehat-sehat aja.
Ane kasih tips aja deh buat
ZR-Rider yang baca postingan ini, berikut adalah tipsnya :
- Gak usah memodifikasi mesin atau knalpotnya, Standaran aja biar awet mesinnya hehehe
- Kalau mau modif, cukup di kaki-kakinya aja, misalnya shockbreaker-nya, ban, disk brake, custom tromolnya dll.
- Ganti olinya jangan sampai telat mas bro, perempuan kalo telat laki-laki yang repot, apalagi motor.
- Cek filter olinya masbro, kadang suka kotor kalau kelamaan gak diganti.
- Biasakan servis rutin ya.
Sekian
dari ane, terima kasih sudah berkunjung.
Lagi dioperasi nih ceritanya |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar