Minggu, 26 April 2015

Astrea Honda Grand Si Bebek Tangguh



                 Pada postingan kali ini ane mau membahas motor bebek tangguh dari Honda. Sebagai salah satu produsen sepeda motor dunia, Honda adalah pemain lama dalam dunia otomotif di Indonesia. Honda sangat lekat dengan citra produsen motor 4-tak sampai saat ini. Astrea Honda Grand merupakan varian bebek 4-tak  yang melegenda dan wara-wiri di aspal tanah air. Ketangguhannya cukup terkenal di kaum mekanik-mekanik bengkel. Motor ini mbrojol pada awal dan  akhir  98’an,yang dilanjutkan oleh Astrea Honda Impressa dan Legenda. Pilihan akan warna dari motor ini hanya satu, warna hitam, yang membedakan hanya warna striping-nya saja.

                Sedikit pengalaman ane tentang motor ini, sekitar tahun 1999-2000 Babe ane menebus motor ini dengan mahar Rp 3.000.000, dalam keadaan bekas. Walaupun harga tersebut terbilang mahal, tapi sebandinglah sama performa dan ketangguhannya. Kalau dibandingkan dengan saudara mudanya (Honda Astrea Supra 100cc series), si Grand nggak mau kalah bro. Desain yang sederhana dan nda neko-neko menjadikan motor ini punya daya tarik tersendiri.

Konsumsi Bahan Bakar

Temen ane pernah bilang “Honda Grand mah bau bensin doang juga nyala”, agak berlebihan sih sebenernaya, tapi mungkin itu adalah bentuk pernyataan yang menjelaskan motor ini irit banget. Berdasarkan tulisan dari blog ini, Honda Grand mampu menempuh 70/Kmh lebih per satu liter BBM, owalah edan irit banget ya, hihihihihi. Namun itu juga harus dibarengi riding style sang rider, kalau bawanya ugal-ugalan dan bejek gasnya kejam ya pasti nda iritlah.

Top Speed

Kalau masalah kecepatan maksimum Honda Grand tak sekencang motor dengan mesin DOHC/ SOHC 150cc, tapi motor ini sanggup berlari sampai 100/Kmh (mesin dalam keadaan sehat ya). Bagi agan yang  riding di Jakarta mah sebenarnya kecepatan segitu udah cukuplah, wong macet di mana-mana.

Performa

Percayalah, motor ini makin panas makin bandel, macam mesin diesel ala Jerman gitu hehehe. Secara handling motor ini nda cocok buat nikung-rebah, menurut ane sih karena sasisnya tidak didesain untuk nikung kaya Valentino Rossi.

Fitur

Kekurangan yang ane soroti dari motor ini adalah indikator posisi gear-nya tidak ada, di samping itu lampu utamanya tidak terang-terang banget. Nilai plusnya selain performa mesin yang yahud, kaki-kakinya (Shockbreaker belakang) diberi warna krom, begitu juga dengan knalpotnya (bisa dikatan fitur ini memberikan kesan mewah). 

Desain

Ane hanya bisa memberikan nilai 7 untuk bebek legendaris ini, kecenderungan minat anak muda yang lebih berselera racing look, jadi tolak ukur. Meskipun begitu, desain jok dan posisi riding ane nilai sangat nyaman dan kalaupun buat jalan/riding jauh ndak akan membuat capek berlebih.


Nah berkiut ini adalah spesifikasinya :


Tipe rangka : Tulang Punggung

Tipe suspensi depan : Teleskopik

Tipe suspensi belakang : Lengan ayun dan peredam kejut ganda

Ukuran ban depan : 70/90 - 17 M/C 38P

Ukuran ban belakang : 80/90 - 17 M/C 44P

Rem depan : Tromol

Rem belakang : Tromol

Kapasitas tangki bahan bakar : 3,7 Liter

Tipe mesin : 4 Langkah, OHC, pendinginan udara

Kopling Otomatis : Otomatis sentrifugal, tipe basah, tipe ganda

Gigi transmsi : 4 kecepatan, bertautan tetap

Pola pengoperan gigi : N - 1 - 2 - 3 - 4 - N, sistem rotari

Starter : Pedal dan elektrik

Aki : 12 V - 5 Ah

Busi : ND U22FS-U / NGK C7HSA

Sistem pengapian : CDI-DC, Magneto


Volume langkah : 97,1 cc



Astrea Honda Grand punya Babe ane (yang nunggang bukan babe ane)


Astrea Honda Grand punya Babe ane 

Astrea Honda Grand punya orang lain

Astrea Honda Grand punya Babe ane 


Astrea Honda Grand punya Babe ane 

6 komentar:

  1. Motor grand pny bpk ane th. 1997 dari 2017 2x turun mesin.. Hahaha
    Yg 1 th. 2012 ganti ring seher + oversize 25..
    Yg 2 th. 2017 ganti seher,ring,stang seher + oversize 50..
    Faktor telat ganti oli mesin sangat mempengaruhi.. Hihihi

    BalasHapus
  2. Motor grand pny bpk ane th. 1997 dari 2017 2x turun mesin.. Hahaha
    Yg 1 th. 2012 ganti ring seher + oversize 25..
    Yg 2 th. 2017 ganti seher,ring,stang seher + oversize 50..
    Faktor telat ganti oli mesin sangat mempengaruhi.. Hihihi

    BalasHapus
  3. makasih banyak nih gan informasinya,,,sangat membantu sekali :)

    BalasHapus
  4. Mantap,nih motor jadul kesukaan sy sejak smp sampe skrg.Bensin irit,mesin ga pernah rewel,pokoknya honda grand tetap terbaik sepanjang masa

    BalasHapus