Selasa, 05 Mei 2015

Satria Hiu, Riwayatmu Kini




Two stroke lovers pasti  nggak asing dengan bebek super 2-tak dari suzuki ini. Diimpor langsung dari negeri jiran dan termasuk jajaran motor built up. Satria hiu (LSCM) mencoba meneruskan estafet  dari keluaran sebelumnya, satria 120 RU. Motor ini bisa dianggap legenda, namanya harum laksana pahlawan saja, jelas begitu karena motor ini sangat disegani oleh merek tetangga yang juga memproduksi motor 2-tak.

Akselari dan power 2-tak memang tak pernah bohong, dilengkapi dengan 6 percepatan motor ini bisa meraih 100/Kmh dengan mudah, mungkin motor ini ditakdirkan berlari kencang, coba saja bermain di putaran atas, pasti anda akan terjambak dengan torsi dan akselerasinya.

Fitur yang ditawarkan oleh motor ini bisa dianggap lengkap, suzuki membenamkan  panel speedometer yang dilengkapi dengan penunjuk putaran mesin. Fitur ini tidak dimiliki oleh suzuki satria 2-tak series sebelumnya. Jet cooled adalah teknolgi pendingin mesin yang nempel di sebelah kiri mesin, teknologi ini membuat motor dalam keadaan adem terus, tapi kenapa gak pake radiator aja ya? Kaya honda nova dash gitu.

Model atau desain yang dihadirkan memang sangat berani dan menantang, buritan dan lekukakan body-nya seksi sekali. Bisa dikatakan motor ini adalah idola bagi remaja pada era-nya Membicarakan konsumsi bahan bakar, motor ini sangat jauh dari kata irit. Ane rasa sebandinglah dengan performanya.

Peredarannya tak seperti motor matik sekarang, motor ini sangat terbatas produksinya. Hanya hadir beberapa tahun, motor ini di-discontinue karena masalah standar ramah lingkungan yang diterapkan di Indonesia. Pada tahun 2005 harus dibunuh paksa oleh ATPM Suzuki dan membangkitkan namanya dengan Satria FU 150cc yang diimport langsung dari Thailand. Ini adalah titik di mana bebek super suzuki merajai segmen ayago di nusantara. Bersyukurlah yang punya satria series, anda telah memiliki motor kentjang dan stylish.

SPESIFIKASINYA :

KelasBebek sport
Mesin120cc dua taksilinder tunggal, katup buluh, kompresi 7.0:1, pengabut karburator Mikuni VM 20 SS & berpendingin udara
Bore x Stroke56 x 49 mm
Daya kuda13,5 ps @ 8000 rpm (RU120)
15,5 ps @ 8000 rpm (RGV120)
Torsi1,50 kgmf @ 7000 rpm
PengapianDC - CDI, busi NGK BP7ES
Sistem transmisipercepatan, otomatis plat majemuk tipe basah (Satria 120 S)
6 percepatan, manual plat majumuk tipe basah (Satria 120 R and 120 R LSCM)
RemPiringan (depan) hydraulically operated dual pistons caliper,tromol/drum (belakang) pegas mekanis, versi S dan R (spoke wheel)
Piringan (depan dan belakang) hydraulically operated dual pistons caliper, versi casting wheel
Ban275 - 17, 80/90 - 17 (depan)
250 - 17, 70-90 - 17 (belakang)
Jarak sumbu roda1244 mm
Dimensi keseluruhanP 1960 mm
L 710 mm
T 1040 mm
Berat101 kg (dry)
Kapasitas Tangki5.2 ltr
Kapasitas Pelumas1050 ml
1150 (overhaul)
Konsumsi bahan bakar1:25–35 (kondisi standard pabrik)
Radius putar45° ke arah kanan dan kiri
Sumber : Suzuki Satria 120 R Wikipedia
Satria 120 RU double disc brake (CW) 



Satria Hiu punya bapak-bapak tukang fotokopian
Kece banget ye dari depan si Satria Hiu  120 R (LSCM)

1 komentar:

  1. suzuki iki kuat tapi part mahal gak masuk akal utamane cdi sampek juta²an mending tak modifikasi pakai cdi rc100 luweh murah mumpuni

    BalasHapus